Penerapan program sekolah + ngaji melalui tilawati dalam pembiasaan mencintai Alquran

Nurul, Janah (2022) Penerapan program sekolah + ngaji melalui tilawati dalam pembiasaan mencintai Alquran. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1): 6. pp. 69-80. ISSN 2964-2310

[thumbnail of Jurnal_Nurul Janah_STAI Nurul Huda Situbondo_2022-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurul Janah_STAI Nurul Huda Situbondo_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi atau penerapan Program ‘Sekolah+Ngaji’ sebagai pembiasaan mencintai Al Qur’an sejak usia dini di RA Khodijah II Sebaung Kecamatan Gending. Program ‘Sekolah Sak Ngajne’ diambil dari Bahasa Jawa yang berarti Sekolah Sembari Mengaji Al Qur’an. Program pembiasaan ini dikemas dalam kegiatan pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode Tilawati. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Dari penelitian ini, diperoleh temuan penelitian bahwa program ‘Sekolah+Ngaji’ dapatmeng kondisikan kecenderungan dunia anak yang aktif dan sulit konsentrasi sehingga target kualitas dan kuantitas dapat tercapai dengan baik dalam pembelajaran Alquran. Melalui program ‘Sekolah+Ngaji’ dapat memberikan dampak yang sangat baik terhadap peserta didik yaitu Menanamkanpembiasaan belajar Al Qur’an terhadap peserta didik sehingga mampu menumbuhkan rasa mencintai Al Qur’an sejak usia dini di RA Khodijah II Sebaung Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Implikasinya, pembelajaran Al Quran kepada anak usia dini memerlukan kreativitas, kesabaran, dan ketelatenan guru dalam mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Program ‘Sekolah + Ngaji’, Pembiasaan mencintai Alquran, Metode tilawati
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:17
Last Modified: 11 Jul 2023 01:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19696

Actions (login required)

View Item
View Item