Ni Ketut Wati and Ventje A. Senduk and Irwan Lalisang (2021) Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) dan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-16. ISSN 2774-9185
Jurnal_Ni Ketut Wati_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (725kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung, ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung, ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas X, XI. XII IIS SMA Swadharma Werdhi Agung. Jumlah populasi 99 orang dan di ambil sampel 79 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah: terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 4,438 dan rtabel sebesar 0,218 pada taraf signifikan 5%; terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 6,772 dan rtabel sebesar 0,218 pada taraf signifikan 5%; terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar terhadap kemampuan belajar siswa di SMA Swadharma Werdhi Agung yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi berganda dengan Fhitung sebesar 108,09 > Ftabel sebesar 3,12.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upper secondary school students, Secondary education, Achievement motivation, Academic achievement |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Putu Indra Widiartha |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19663 |