Algoritma otomatisasi pemrosesan dan transfer data GPS-SCINDA real time

Mario Batubara and Effendy Akhmad and Aries Kurniawan and Gatot Wikantho (2016) Algoritma otomatisasi pemrosesan dan transfer data GPS-SCINDA real time. In: "Seminar Nasional Antariksa 2017" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Mario_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Mario_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional khususnya Pusat Sains Antariksa telah melakukan pengamatan kerapatan elektron atau yang lebih sering dikenal TEC (Total Electron Content) dengan memanfaatkan sinyal satelit GPS LI dan L2Sistem penerima satelit GPS SCINDA untuk pengamatan tersebut telah terpasang dan menghasilkan beberapa data pengamatan sejak November 2013Seiring dengan berjalannya waktu, pada tanggal 27 Oktober 2015 Pussainsa telah me-release secara resmi sebuah sistem informasi cuaca antariksa yang dinamai SWIFTS (Space Weather Information Forecast and Services) secara online real timeSelain memberikan informasi keadaan cuaca antariksa, profil data pengamatan lokal juga ditampilkan. Salah satunya adalah data pengamatan GPS-TEC dan intilasiPenyajian informasi data pengamatan diharuskan secara otomatis dan real time. Dengan menggunakan sebuah algoritma otomatisasi sistem yang tepat, sebuah proses dapat dilakukan dengan lebih efektif. Dalam tulisan iniakan dibahas mengenai algoritma otomatisasi pemrosesan data GPS SCINDA yang berbentuk format sen sehingga menghasilkan profil TEC dan sintilasiSecara detail disertakan pula beberapa hasil implementasi dan pengujian sistem. Proses otomatisasi pengiriman data hasil pengolahan ke server SWIFTS ditambahkan dalam bagian metode penelitian ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sistem GPS SCINDA, otomatisasi, pemrosesan data GPS, SCINDA dan transfer file
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Instrumentasi dan Basis Data Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 17 Sep 2023 08:53
Last Modified: 17 Sep 2023 08:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item
View Item