Kajian algoritma perhitungan kerapatan elektron ionosfer dengan teknik Global Positioning System - Radio Occultation

Boby Arnold and Peberlin Sitompul and Rizal Suryana and Bagus Alit (2016) Kajian algoritma perhitungan kerapatan elektron ionosfer dengan teknik Global Positioning System - Radio Occultation. In: "Seminar Nasional Antariksa 2015" Sains Antariksa untuk Indonesia Maju dan Mandiri, Bandung, 22 November 2015, Auditorium Pusat Sains Antariksa LAPAN.

[thumbnail of Prosiding_Boby_LAPAN_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Boby_LAPAN_2016.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

GPS-RO (Global Positioning System Radio occultation) merupakan teknik penginderaan jauh yang menggunakan okultasi gelombang elektromagnetik GPS untuk mengamati atmosfer bumi. Pada tulisan ini dilakukan kajian proses perhitungan kerapatan elektron ionosfer berdasarkan data yang diperoleh dari satelit penerima. Data yang digunakan dalam penelitian ini aduish data level 1b, dengan informasi waktu, posisi satelit dan beda fase L1 Jun 12. Untuk menghitung kerapatan elektron menggunakan metode Geometric optics (GO) dengan perhitungan sudut pembelokan atau bending angle antara dua satelit yaitu GPS sebagai pemancar dan satelit Low Earth Orbit (LEO) sebagai penerima sinyal. Tulisan ini akan membahas algoritma perhitungan total electron content (TEC) dan kerapatan elektron di ionosfer.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: GPS-RO, Geometric optics, TEC, Kerapatan Elektron
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 17 Sep 2023 08:36
Last Modified: 17 Sep 2023 08:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19443

Actions (login required)

View Item
View Item