Analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso

Anggreiny Sisilia Pantow and Allen Ch. Manongko and Jetty Lempas (2021) Analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (1). pp. 1-16. ISSN 2774-9185

[thumbnail of Jurnal_Anggreiny Sisilia Pantow_Universitas Negeri Manado_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Anggreiny Sisilia Pantow_Universitas Negeri Manado_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentang kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengampuh mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso, sedangkan objeknya analisis kompetensi pedagogik guru ekonomi di SMA Negeri 1 Tompaso. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan informan tambahan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tompaso, guru bidang studi ekonomi sudah mampu menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran. data hasil observasi tentang analisis kompetensi pedagogik guru bidang studi ekonomi pada SMA Negeri 1 Tompaso dengan menggunakan format IPKG (Instrumen penilaian kinerja Guru) 1 dan 2 Hasil analisis data menunjukkan untuk aspek merancang pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS memperoleh rata-rata skor sebesar 3,4 yang dikategorikan baik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi telah mampu merancang pembelajaran dengan baik. Sedangkan pada aspek melaksanakan pembelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS dapat dikatakan baik sekali karena rata-rata skor yang diperoleh sebesar 3,6 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa guru mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS telah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik sekali

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Competency based teaching, Educational sciences, Primary school students, Primary schools
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:14
Last Modified: 21 Jul 2023 08:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item
View Item