Pola tingkat paparan radiasi gamma dalam gedung RSG-GAS pada operasi normal

Nugraha Luhur and Tri Anggono and Anto Setiawanto and Suhadi (2010) Pola tingkat paparan radiasi gamma dalam gedung RSG-GAS pada operasi normal. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Aplikasi Reaktor Nuklir Tahun 2010, 23 Nov 2010, Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Nugraha Luhut_Pusat Reaktor Serba Guna_2010.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nugraha Luhut_Pusat Reaktor Serba Guna_2010.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pola tingkat paparan radiasi gamma dalam gedung RSG-GAS pada operasi normal. Reaktor Serba Guna GA. Siwabessy (RSG-GAS) merupakan reaktor penelitian dengan tipe kolam terbuka dengan komponen-komponen utama berupa sistem pendingin primer dan sekunder, pesawat penukar panas, sistem-sistem pemurnian air terinstalasi pada ruangan-ruangan dalam gedung reaktor. Dari pengoperasian RSG - GAS dan kegiatan-kegiatan pemanfaatan reaktor terdapat bahaya paparan paparan radiasi yang mengandung pontesi bahaya terhadap keselamatan pekerja, instalasi, maupun lingkungan. Terdapat ruangan yang berpotensi mempunyai paparan radiasi gamma relatif tinggi dibandingkan dengan ruangan lain pada saat reaktor beroperasi. Paparan radiasi gamma pada ruangan-ruangan di dalam gedung reaktor harus selalu terpantau untuk memastikan bahwa pekerja radiasi terlindung dari paparan selama operasi normal. Disajikan tingkat paparan radiasi gamma pada ruangan - ruangan dalam gedung reaktor pada kondisi reaktor yang beroperasi 15 MW dengan ragam pemanfaatan reaktor untuk berbagai keperluan. Dengan mengetahui pola tingkat paparan radiasi gamma pada ruangan - ruangan dimana sistem komponen utama reaktor terinstalasi, maka dapat bermanfaat untuk menilai apakah pengelolaan kegiatan dan pemanfaatan pengoperasian reaktor pada kondisi normal atau tidak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: paparan radiasi gamma, gedung reaktor, operasi normal
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Proteksi Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Proteksi Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Keselamatan Radiasi Lingkungan
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Keselamatan Radiasi Lingkungan
Divisions: BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
IPTEK > BATAN > Pusat Reaktor Serba Guna
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:01
Last Modified: 15 Sep 2023 04:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item
View Item