Ninda Beny, Asfuri and Rika Yuni, Ambarsari (2021) Pengembangan bahan ajar mata kuliah belajar dan pembelajaran berbasis tri ciri tentara pelajar (patriotisme, kepeloporan dan kemandirian) pada mahasiswa UTP Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 14. pp. 202-215. ISSN 2460-6324
Jurnal_Ninda Beny Asfuri_Universitas Tunas Pembangunan Surakarta_2021.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu faktor penting dalam keefektifan sebuah pembelajaran terlebih di tingkat Perguruan Tinggi. Kurangnya bahan ajar tentunya dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran atau perkuliahan. Tujuan dari pengembangan modul ini yaitu 1) untuk menambah pemahaman mahasiswa mengenai tri ciri tentara pelajar yang mana akan dikembangkan di dalam mata kuliah belajar pembelajaran sehingga mahasiswa benar-benar menjiwai, memaknai dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari di kampus dan diluar kampus, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau researh and development. Pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, impementasi and evaluation). Berdasarkan keseluruhan penilaian produk oleh ahli materi dan pembelajaran diperoleh skor X = 265, yang termasuk dalam kriteria nilai “Sangat Baik”. Sedangkan keseluruhan penilaian produk oleh ahli media diperoleh skor X= 167, yang termasuk dalam kriteria nilai “ Sangat Baik”.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan bahan ajar, Belajar dan pembelajaran, Tri Ciri TP |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/19121 |