Penerapan m-learning berbasis edmodo untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SDN Sriwedari No. 197 Surakarta

Aan Budi, Santoso and Ninda Beny, Asfuri (2021) Penerapan m-learning berbasis edmodo untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SDN Sriwedari No. 197 Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 13. pp. 187-201. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Aan Budi Santoso_Universitas Tunas Pembangunan Surakarta_2021-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Aan Budi Santoso_Universitas Tunas Pembangunan Surakarta_2021-13.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS dikelas V SD Negeri Sriwedari No. 197 Surakarta dengan menggunakan media m-learning berbasis edmodo.Pelaksanaan penelitian bertempat di SD Negeri Sriwedari No. 197 Surakarta. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2020 / 2021 yang berjumlah 26 siswa. Mekanisme penelitian tindakan kelas ini berlangsung 2 siklus dengan satu kali pertemuan, disetiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes ( obeservasi dan dokumentasi). Validasi yang digunakan dengan 3 metode yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik sederhana.Berdasarkan pelaksanaan prasiklus pada mata pelajaran IPS dengan materi menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media m-learning berbasis edmodo belum berhasil dilihat dari 26 siswa hanya 4 siswa yang tuntas KKM sehingga presentase ketuntasaannya mencapai 15,38% dengan nilai rata – rata 51,51. Pada siklus 1 berhasil mengalami penurunan presentase ketuntasan yaitu 11,84% akan tetapi nilai rata – rata mengalami peningkatan yaitu 55,35. Siklus 2 mengalami peningkatan dari 26 siswa hanya 5 siswa atau 19,23% yang tidak mencapai ketuntasan, dan 21 siswa atau 80,76% mencapai ketuntasan sesuai dengan KKM yaitu 70.Dengan demikian, penggunaan media m-learning berbasis edmodo tepat diterapkan dalam pembelajaran IPS khususnya materi menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang berdampak pada peningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sriwedari No. 197 Surakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, M-learning berbasis edmodo
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:35
Last Modified: 10 Jul 2023 08:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item
View Item