Remaja yang terinfeksi HIV/AIDS di Indonesia (Analisis Data Publikasi SDKI 2017)

Sapti, Ayubbana and Ludiana, Ludiana and Nury Lutfiatil, Fitri and Senja Atika, Sari (2022) Remaja yang terinfeksi HIV/AIDS di Indonesia (Analisis Data Publikasi SDKI 2017). Holistik: Jurnal Kesehatan, 16 (2): 5. pp. 142-148. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Sapti Ayubbana_Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro Lampung_2022-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sapti Ayubbana_Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro Lampung_2022-5.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan gejala akibat penurunan sistem imun . HIV/AIDS dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan membuat seseorang mudah terinfeksi yang serius. Secara global HIV/AIDS masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat. Berdasarkan data terdapat banyak odha yang statusnya masih terinfeksi HIV namun belum masuk pada stadium AIDS. Seseorang berstatus terinfeksi hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan laboratorium dan dapat menularkan kepada orang lain. HIV/AID tidak hanya mengenai orang dewasa tetapi dapat juga pada bayi, anak-anak maupun remaja. Infeksi HIV baru di kalangan remaja ( 15 – 19 tahun) merupakan masalah di semua wilayah Tujuan : Untuk mengidentifikasi remaja yang terinfeksi HIV/AIDS di Indonesia berdasarkan Analisis Data Publikasi SDKI 2017 yang berhubungan dengan faktor demografi Metode: penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional menggunakan data sekunder survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017, dilakuakan pada bulan Desember 2019-Mei 2020 dengan Sampel seluruh remaja usia 15–19 tahun, status lajang sebanyak 445. Analisa mengunakan uji Chi-Square dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil: hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara wilayah tempat tinggal ( p-value 0,00), status ekonomi ( p-value 0,00) terhadap tahu bagaimana menjadi terinfeksi HIV/AIDS.
Simpulan : Terdapat hubungan wilayah tempat tinggal dan status ekonomi terhadap terinfeksi. Sehingga perlu adanya strategi pendekatan dan modifikasi media penyebaran informasi HIV/AIDS pada remaja Indonesia sebagai upaya menurunkan angka kejadian HIV/AIDS Remaja di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Infeksi, Remaja, HIV/AIDS
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Health Resources > Data & Information Systems
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:38
Last Modified: 10 Jul 2023 02:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19029

Actions (login required)

View Item
View Item