Implementasi pembelajaran dalam masa pandemi Covid19 pada guru sekolah dasar

Amelia Wahyu, Sejati and Muhroji, Muhroji and Ajib, Rosyadi and Desi Tri, Wulandari and Muhamad Taufik, Hidayat (2021) Implementasi pembelajaran dalam masa pandemi Covid19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 10. pp. 146-159. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Amelia Wahyu Sejati_Universitas Muhammadiyah Surakarta_2021-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Amelia Wahyu Sejati_Universitas Muhammadiyah Surakarta_2021-10.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi dalam aspek spiritual, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian yangndigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain deskriptif. Data yangndiperoleh oleh peneliti merupakan data yang berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi kepada 6 guru sekolah dasar negeri dan swasta yang terbagi pada guru kelas rendah dan kelas tinggi di Kecamatan Rembang, Pati, Purwodadi, Sragen, dan Kota Madya Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Conclusions, keabsahan data menggunakan triangulasi metode dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi pembelajaran daring dalam ranah spiritual berdasarkan hasil wawancara diatas dapat disimpulkan bahwa pencapaian pembelajaran daring pada ranah spiritual berjalan dengan maksimal, 2) Implementasi pembelajaran daring dalam ranah sikap berdasarkan hasil wawancara diatas dapat disimpulkan bahwa pencapaian pembelajaran daring pada ranah sikap berjalan dengan maksimal, dan 3) Implementasi pembelajaran daring dalam ranah ketrampilan berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa pencapaian pembelajaran daring pada ranah ketrampilan yang diterima siswa terdapat hasil yang maksimal. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran dalam masa pandemi covid19 pada guru sekolah dasar dengan pencapaian yang maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Daring
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:47
Last Modified: 04 Jul 2023 08:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item
View Item