Efektivitas penggunaan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V sekolah dasar

Angga, Setiawan (2021) Efektivitas penggunaan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Angga Setiawan_STKIP PGRI Trenggalek_2021-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Angga Setiawan_STKIP PGRI Trenggalek_2021-1.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan yang dicapai oleh siswa tidak terlepas dari peran dari seorang pendidik, masalah yang timbul kurangnya pemahaman pendidik dalam menguasai suatu model pembelajaran sehingga berdampak kearah kurang optimalnya hasil belajar siswa. Peneliti berupaya memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti memiliki tujuan untuk melihat efektivitas penggunaan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V Sekolah Dasar. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dalam penelitiannya jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen. Populasi dan sampel keseluruh siswa kelas V dengan jumlah 17 siswa. Data yang diperoleh dengan observasi, pretest (tes awal) tujuannya untuk mendapatkan data yang berupa hasil belajar siswa pada waktu sebelum diberikan perlakuan atau model pembelajaran saat itu dan posttest (tes akhir) untuk mendapatkan data yang berupa hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan atau model pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan tes. Analisis data menggunakan Independent t-Test, Hasil Independent t-Test pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,29 > 2,09 dengan melihat taraf signifikansi 0,05 Sedangkan pengaruh variabel bebasnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting terhadap variabel terikatnya yaitu hasil belajar dengan nilai 76,7%. Maka didapatkan hasil sebagai berikut, Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga kesimpulan dari data yang diperoleh oleh peneliti maka ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Model probing-prompting, Hasil belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:03
Last Modified: 04 Jul 2023 08:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item
View Item