Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak

Bakti Herwanti and Christin Angelina Febriani and Fitri Ekasari (2021) Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak. Holistik: Jurnal Kesehatan, 15 (4): 9. pp. 647-654. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Bakti Herwanti_Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung_2021-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bakti Herwanti_Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung_2021-9.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Kesadaran untuk menjaga kesehatan diri, harus ditanamkan sejak dini. Anak usia pra sekolah mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan. Salah satu metode promosi kesehatan tentang cuci tangan yang menarik untuk anak yaitu dengan metode bernyanyi dan video animasi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh demonstrasi, bernyanyi dan vieo animasi terhadap kemampuan cuci tangan pada siswa-siswa taman kanak-kanak (TK). Metode:Penelitian kuantitatif dengan desain two group pre-test post-test. Populasinya adalah siswa-siswa TK
Hidayatullah Waydadi, dan sampel menggunakan total populasi sebanyak 46 orang. Masing-masing grup berisi 23 partisipan. Pengumpulan data dengan lembar check list dan observasi. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.Hasil: Diperoleh hasil dari 46 responden, sebelum intervensi seluruh responden tidak mampu melakukan tindakan cuci tangan dengan benar (100%), sesudah diberikan intervensi metode bernyanyi yang mampu melakukan tindakan cuci tangan dengan benar sejumlah 18 (78%) dan sejumlah 19 (83%) mampu melakukan cuci tangan engan benar melalui metode video animasi. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan p value = 0,000 < α (0,05). Simpulan: Terdapat pengaruh edukasi metode bernyanyi dan metode video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan pada siswa-siswa taman kanak-kanak (TK). Saran: Perlu diterapkan pembelajaran menggunakan demonstrasi, lagu, dan video animasi tentang cuci tangan yang baik dan benar di kalangan siswa sekolah TK dengan menggunakan video animasi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cuci tangan pakai sabun; Metode bernyanyi; Metode video animasi; Edukasi
Subjects: Health Resources > Health Services
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:50
Last Modified: 23 Jun 2023 10:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item
View Item