Analisis kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang

Candra Puspita, Rini and Saktian Dwi, Hartantri and Aam, Amaliyah (2021) Analisis kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 13. pp. 166-179. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Candra Puspita Rini_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2021-13.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Candra Puspita Rini_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2021-13.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan salah satu aspek dari kemampuan literasi yang penting dan harus dikuasai oleh mahasiswa PGSD, hal ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran sains (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains khususnya dilihat dari aspek kompetensi sains mahasiswa program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan mendeskripsikan sifat kejadian yang berlangsung selama pengambilan data dalam bentuk sebuah narasi ilmiah. Subjek penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa PGSD UMT. Sumber data diambil secara langsung dengan menggunakan instrumen berupa tes literasi sains, angket, dan wawancara. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains khususnya pada aspek kompetensi mahasiswa PGSD FKIP UMT memperoleh kategori “cukup”. Dalam tiap indikator kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD aspek kompetensi menunjukkan kategori sebagai berikut, yaitu kategori “rendah” pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah, dan kategori “cukup” pada indikator mengidentifikasi pertanyaan atau isu-isu ilmiah dan indikator menggunakan bukti ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD pada aspek kompetensi belum menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan, sehingga perlu ditingkatkan. Upaya mengatasi kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD pada aspek kompetensi yang masih belum memuaskan dilakukan berbagai cara diantaranya melalui penataan ruang lingkup materi yang diberikan serta proses perkuliahan yang dilakukan, memilih media yang tepat, dan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep IPA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi sains, Aspek kompetensi, Mahasiswa PGSD
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:59
Last Modified: 04 Jul 2023 07:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item
View Item