Mengenalkan huruf abjad pada anak tuna grahita ringan dengan metode pembelajaran visuomotor

Umi Salma, Fauziyah and Aninditya Sri, Nugraheni (2021) Mengenalkan huruf abjad pada anak tuna grahita ringan dengan metode pembelajaran visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 9. pp. 116-129. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Umi Salma Fauziyah_UIN Sunan Kalijaga_2021-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Umi Salma Fauziyah_UIN Sunan Kalijaga_2021-9.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan upaya penyelesaian masalah yang muncul pada anak tunagrahita ringan berkaitan dengan kesulitan mempelajari huruf abjad. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu kajian literatur yang sumber datanya berasal dari kajian yang berhubungan dengan penelitian ini baik dari karya ilmiah, hasil penelitian, buku-buku dan sumber data tambahan yang berasal dari hasil observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kegiatan belajar mengenal huruf abjad menggunakan metode visuomotor yang merupakan gabungan dari penggunaan kemampuan visual dan motoric yang dimiliki anak tuna grahita ringan. Metode pembelajatan visumotor ini diawali dari mengenal nama dan suara huruf, kemudian gambar visual dari masing-masing huruf, dan dilanjutkan dengan pemanfaatan kemampuan motorik anak untuk menuliskan huruf-huruf tersebut maupun menggambar bentuk-bentuk huruf tersebut menggunakan anggota tubuhnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode visuomotor, Mengenalkan huruf abjad, Tuna grahita ringan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:05
Last Modified: 03 Jul 2023 08:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item
View Item