Mawan Akhir, Riwanto and Wahyu Nuning, Budiarti (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif IPA SD terintegrasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 6. pp. 71-82. ISSN 2460-6324
Jurnal_Mawan Akhir Riwanto_Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap_2021-6.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA SD yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter peduli lingkungan dan mengetahui kualitas media pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model dari Borg dan Gall yang menggunakan 10 tahapan dalam prosesnya. Dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran yang berisi materi IPA kelas IV tentang peduli terhadap makhluk hidup. Muatan karakter peduli lingkungan dalam media ini digambarkan melalui ilustrasi animasi tentang urutan kejadian atas perilaku menyimpang terhadap lingkungan hutan, udara, perairan, dan tanah. Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak setelah mendapatkan validasi dari ahli media (84%), ahli materi (83%), dan ahli bahasa (85%). Hasil angket siswa dan guru pada uji coba operasional menunjukkan nilai 84% dan 87% yang merupakan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran ini layak untuk di gunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran IPA, Karakter peduli lingkungan, Media animasi |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:58 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18752 |