Pengaruh implementasi problem based learning terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo

Nyoman Ayu Putri, Lestari and Made Sri Astika, Dewi and Isyarotullatifah, Isyarotullatifah (2021) Pengaruh implementasi problem based learning terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 5. pp. 52-70. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Nyoman Ayu Putri Lestari_Universitas Triatma Mulya_2021-5.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nyoman Ayu Putri Lestari_Universitas Triatma Mulya_2021-5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan pola dasar non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 151 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan rubrik penilaian dan data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner berbantuan metode daring berupa google form. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1.) motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model problem based learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, 2.) kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model problem based learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, 3.) secara simultan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model problem based learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Motivasi berprestasi, PBL
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:57
Last Modified: 03 Jul 2023 07:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item
View Item