Situational interest siswa dilihat dari pemberian reward and punishment dalam pembelajaran pendidikan jasmani

Gita Febria Friskawati and Sri Widaningsih and Rizki Illahi (2019) Situational interest siswa dilihat dari pemberian reward and punishment dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5 (2): 4. pp. 198-214. ISSN 2548 – 7833

[thumbnail of Jurnal_Gita Febria Friskawati_STKIP Pasundan Cimahi_2019-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Gita Febria Friskawati_STKIP Pasundan Cimahi_2019-4.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward and punishment dalam pembelajaran penjas untuk situational interest siswa di SMA Negeri 1 Wanayasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitan Faktorial 2 x 2 dan untuk prosedur pelaksanaan Desain Faktorial 2 x 2 dalam penelitian ini yaitu menggunakan Experiment Counterbalans, sampel penelitian diambil dua kelas dengan menggunakan teknik sampling yaitu cluster random sampling, yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 dengan jumlah keseluruhan siswa 72 orang baik laki-laki maupun perempuan. Pengambilan data menggunakan angket situational interest scale. Temuan menunjukkan bahwa reward and punishment berpengaruh secara signifikan dibandingkan dengan yang tidak diberikan perlakuan reward and punishment terhadap situastional interest, sedangkan kedua pemberian materi pembelajaran yaitu materi pembelajaran olahraga individual dan kelompok belum dapat meningkatkan situational interest secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penghargaan dan hukuman, kesenangan, pendidikan jasmani.
Subjects: Social and Political Sciences
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:14
Last Modified: 14 Jul 2023 02:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item
View Item