Fajar, Budiyono and Framz, Hardiansyah (2021) Efektifitas model pembelajaran problem based learning dalam penguatan karakter KI 2 melalui pengembangan perangkat pembelajaran di SDK Sang Timur Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 2. pp. 12-22. ISSN 2460-6324
Jurnal_Fajar Budiyono_STKIP PGRI Sumenep_2021-2.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang layak, praktis, dan efektif untuk melakukan penguatan karakter pada KI 2. Perangkat pembelajaran tersebut diujikan terhadap siswa kelas IV di SDK Sang Timur tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model 4-D. Rancangan ujicoba perangkat menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata nilai 3.7; tingkat keterbacaan lembar kegiatan siswa berkategori baik dan memperoleh rata-rata nilai 3.6; (2) keterlaksanaan RPP berkategori baik; aktivitas siswa menunjukkan pada penguatan karakter KI 2 dengan perolehan 86.56% pada pertemuan 1 dan 90.62 % pada pertemuan 2; (3) siswa memberikan nilai postif terhadap penguatan karakter utama dengan rata-rata nilai 89.25% melalui jurnal sikap. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam melakukan penguatan karakter terhadap pembelajaran PPKn layak, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan masalah, Penguatan karakter, Perangkat pembelajaran |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 06:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 06:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18743 |