Profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi COVID-19

Novi Yuni, Mayangsari and Septi Budi, Sartika (2021) Profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (2): 1. pp. 1-11. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Novi Yuni Mayangsari_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2021-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Novi Yuni Mayangsari_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2021-1.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini mengarah pada guru, siswa, dan wali murid kelas 1 SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo mengenai kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis fenomenologi yaitu mengungkap fakta yang terjadi tentang kegiatan belajar mengajar guru SD di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman (2014) yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, yaitu guru, siswa, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil guru SD dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19 bahwa hanya ada satu aspek yang belum tercapai yaitu membuat diskusi melalui forum diskusi, namun untuk aspek yang lain seperti: memberikan modul,memberikan bahan ajar, memberi tugas, menilai tugas, memberikan umpan balik serta mereview pembelajaran sudah tercapai. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan teknik wawancara, sehingga akan diperoleh hasil penelitian yang lebih mendalam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil guru SD, Kegiatan belajar mengajar, Pandemi covid-19
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:42
Last Modified: 03 Jul 2023 07:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item
View Item