Kecanduan game online dengan stres akademik pada siswa SMP

Octa Reni, Setiawati and Sulis, Setyowati (2021) Kecanduan game online dengan stres akademik pada siswa SMP. Holistik: Jurnal Kesehatan, 15 (1): 10. pp. 81-88. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Octa Reni Setiawati_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2021-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Octa Reni Setiawati_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2021-10.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: game online saat ini marak di masyarakat, peminatnya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.
Game online memiliki kecenderungan membuat pemainnya tertarik berlama-lama di depan komputer hingga melupakan waktu belajar, waktu makan, waktu tidur, dan melakukan hubungan dengan lingkungan di dunia nyata karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Kecanduan game adalah pemain seakan-akan tidak ada hal yang ingin dikerjakan selain bermain game, dan seolah-olah game tersebut adalah hidupnya. Siswa akan kesulitan mengatur waktu dan memenuhi tuntutan akademik selama mereka sekolah. Hal tersebut menimbulkan stres akademik yang diartikan sebagai suatu kondisi atau keadaaan individu yang mengalami tekanan sebagai hasil persepsi dan penilaian siswa tentang stressor akademik. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tuntutan akademik yang harus dihadapi, misalnya ujian, tugas-tugas dan lain sebagainya. Tujuan: untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan stres akademik siswa SMP. Metode: penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel 500 responden siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dianalisis dengan menggunakan Uji Spearmen. Hasil: diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan antara kecanduan game dengan stres akademik dengan Koefisien korelasi sebesar 0,174, maka nilai ini menandakan hubungan yang lemah antara kecanduan game online dengan stres akademik. Angka koefisien korelasi bernilai positif sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka tingkat stress akademik juga semakin parah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecanduan, Game online, Stres akademik, Siswa SMP
Subjects: Medicine & Biology > Psychiatry
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:42
Last Modified: 03 Jul 2023 06:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item
View Item