Pengaruh model Brain Based Learning (BBL) berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar

Riska Tri, Erlita and Esti, Untari and Sri, Murdiyah (2020) Pengaruh model Brain Based Learning (BBL) berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1): 8. pp. 116-126. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Riska Tri Erlita_Universitas Negeri Malang_2020-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Riska Tri Erlita_Universitas Negeri Malang_2020-8.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran tematik tema 7 subtema 3di kelas V SDN Sumberpucung 6 lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan penugasan. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh model Brain Based Learning (BBL) berbasis eksperimen terhadap hasil belajar tema 7 subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Hasil uji soal pretest yaitu data berdistribusi normal dan homogen, pada uji hipotesis memperoleh hasil 0,15 > 0,05 artinya H0 diterima. Setelah kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi perlakuan, dilakukan posttest. Hasilnya data tersebut berdistribusi normal dan homogen, sedangkan pada uji hipotesis adalah 0,179 > 0,05 artinya H0 diterima. Hasil penghitungan N Gain Score kelas eksperimen memperoleh rata-rata 0,3519 sedangkan kelas kontrol 0,2668. Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran model BBL tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar tena 7 subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN sumberpucung 6 Kabupaten Malang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Brain Based Learning (BBL), Eksperimen
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:33
Last Modified: 03 Jul 2023 04:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item
View Item