Hubungan stres dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus

Andoko, Andoko and Dimas Ning, Pangesti and Neti, Asmawarni (2020) Hubungan stres dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus. Holistik: Jurnal Kesehatan, 14 (4): 9. pp. 573-580. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Andoko_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2020-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Andoko_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2020-9.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: diabetes mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme kronis yang ditandai peningkatan gula darah. Diabetes mellitus telah menyebabkan sekitar 1,6 juta kematian secara langsung dan 2,2 juta kematian yang disebabkan komplikasi diabetes. Penyebab pasti dari penyakit diabetes mellitus sampai saat ini belum diketahui. Penyakit diabetes mellitus sampai saat ini belum dapat disembuhkan dan hanya dapat dilakukan pengontrolan kadar gula darah. Salah satu penyebab ketidakstabilan kadar gula darah pada penderita diabetes diantaranya karena terjadinya stres akibat dari proses penyakit.Tujuan: diketahui hubungan stres dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus.
Metode: jenis penelitian kuantitatif, rancangan cross sectional. Populasi penderita diabetes mellitus yang
berjumlah 262 responden, besar sampel yang diambil sebanyak 159 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis menggunakan uji person product moment. Hasil: menunjukkan rata-rata skor stres penderita diabetes mellitus adalah 24,58±3,946 dan rata-rata kadar gula darah penderita diabetes mellitus adalah 227,52±7,754 mg/dl, hasil analisis didapatkan r = 0,701; p-value 0,000. Simpulan: Ada hubungan antara stres dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus. Bagi penderita diabetes melitus disarankan agar berusaha menjalankan diet yang teratur dan melakukan pencegahan berbagai komplikasi diabetes mellitus serta berusaha melakukan aktivitas yang dapat menurunkan tingkat stres seperti dengan berolahraga serta melakukan relaksasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stres psikologi, Kadar gula darah, Diabetes mellitus
Subjects: Medicine & Biology > Immunology
Medicine & Biology > Stress Physiology
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:39
Last Modified: 27 Jun 2023 07:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item
View Item