Analisis bentuk kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang

Fitria Nindy Lestari and Wisda Miftakhul 'Ulum (2020) Analisis bentuk kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2): 11. pp. 318-329. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Fitria Nindy Lestari_STKIP PGRI Tulungagung_2020-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Fitria Nindy Lestari_STKIP PGRI Tulungagung_2020-10.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan hal yang berhubungan dengan motivasi. Motivasi sangat diperlukan untuk menumbuhkan sikap disiplin siswa. Siswa-siswi kelas IV SDN I Gondosuli mengalami permasalahan yang mempengaruhi proses belajar dan motivasi belajar siswa. Kurangnya disiplin siswa dalam melakukan pembelajaran saat guru sedang menjelaskan materi, siswa yang sibuk sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kedisiplinan siswa dalam kegiatan belajar dan mendiskripsikan motivasi siswa dalam belajar di kelas IV SDN I Gondosuli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kedisiplian siswa dalam kegiatan belajar dari angket, wawancara dan observasi terdapat 10 butir soal pengamatan ada 2 soal terendah dalam kegiatan belajarnya menunjukkan tingkatan kedisiplinan yang tinggi. Motivasi belajarnya terdapat 10 butir soal pengamatan ada 4 soal rendah dalam motivasi belajar siswa cenderung rendah pada kegiatan belajar, diantaranya mengenai siswa gugup ketika berpendapat didepan kelas, sikap siswa masih pasif dalam bertanya jawab dan kurang percaya diri dengan jawabannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk kedisiplinan siswa dalam kegiatan belajar menunjukkan hasil kriteria tinggi dan motivasi belajar siswa menunjukkan kriteria cenderung rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bentuk kedisiplinan, Kegiatan belajar, Motivasi belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:51
Last Modified: 23 Jun 2023 08:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item
View Item