Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja

Umi Romayati Keswara and Novrita Syuhada and Wahid Tri Wahyudi (2019) Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Holistik: Jurnal Kesehatan, 13 (3): 7. pp. 233-239. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Umi Romayati Keswara_Akademi Keperawatan Malahayati Bandar Lampung_2019-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Umi Romayati Keswara_Akademi Keperawatan Malahayati Bandar Lampung_2019-7.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

Dalam tahap perkembangannya, remaja dihadapkan pada masalah-masalah kesehatan diantaranya kualitas tidur yang buruk. Secara global menunjukkan prevalensi gangguan kualitas tidur di dunia bervariasi mulai 15,3% - 39,2%. Data di Indonesia menunjukan sebagian besar kualitas tidur pada remaja kurang terpenuhi yaitu sebanyak 63%. Buruknya kualitas tidur dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Faktor yang dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk diantaranya adalah penggunaan gadget, dimana 80% menyatakan menggunakan gadget > 4 jam 17 menit dalam sehari. Tujuan: Diketahui hubungan perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan menggunakan analitik. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X dan XI di SMKN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah, yang berjumlah 119 responden. Cara pengambilan data dengan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Indeks (PSQI) dan Smartphone Addiction Scale (SAS). Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil: Sebagian besar responden memiliki perilaku penggunaan gadget yang tidak baik, yaitu sebanyak 68 orang (57,1%) dan sebagian besar responden memiliki kualitas tidur yang buruk, yaitu sebanyak 77 orang (64,7%). Hasil uji statistik diperoleh p-value = 0,000 dan OR= 4,696.
Simpulan: Ada hubungan perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Perlu lebih ditingkatkannya promosi kesehatan konseling tentang pola tidur dan dampak penggunaan gadget secara berlebihan, serta bagi pihak sekolah dapat menetapkan peraturan tentang larangan penggunaan gadget di jam pelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas tidur, Gadget, Perilaku remaja
Subjects: Health Resources
Health Resources > Community & Population Characteristics
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:02
Last Modified: 22 Jun 2023 07:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18521

Actions (login required)

View Item
View Item