Aplikasi jaringan neural untuk pemodelan dan prediksi curah hujan

Dadang Subarna (2009) Aplikasi jaringan neural untuk pemodelan dan prediksi curah hujan. Berita Dirgantara majalah Ilmah Semi Populer, 10 (1): 3. pp. 13-18.

[thumbnail of Majalah_LAPAN_Dadang Subarna_2009.pdf]
Preview
Text
Majalah_LAPAN_Dadang Subarna_2009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aplikasi jaringan neural umpan maju untuk prediksi dan pemodelan nonlinear telah diteliti untuk data pentad curah hujan dari kota Jakarta. Desain model jaringan neural perlu dioptimalisasi baik jumiah masukan, jumlah neuron (unit), jumlah lapisan tersembunyi maupun aturan pembelajaran karena akan menentukan kinerja dari model jaringan neural dan nilai korelasi dari hasil prediksinya.Pada penelitian in digunakan model jaringan neural dengan spesifikasi masukan 10 neuron, dua lapis tersembunyi masing-masing lapis kedua 2 neuron, lapis ketiga 1 neuron dan keluaran 1 neuron.Dengan menggunakan model jaringan neural tersebut maka didapat hasil prediksi dengan keakuratan yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yaitu nilai korelasi (r~ 0,40) untuk daerah Jakarta.

Item Type: Article
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Peringatan Dini, Mitigasi, dan Penanganan Bencana > Akibat Cuaca Antariksa
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Diseminasi Hasil litbangyasa dan pemanfaatan > Bidang Sains Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:27
Last Modified: 04 Jul 2023 03:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18504

Actions (login required)

View Item
View Item