Analisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung

Zaleha, Ulfa and Dessy, Hermawan and Riyanti, Riyanti and Koidar, Amirus and Nurhalina, Sari (2022) Analisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 4 (11): 9. pp. 2937-2951. ISSN 2655-2728

[thumbnail of Jurnal_Zaleha Ulfa_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2022-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Zaleha Ulfa_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2022-9.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Pandangan dunia pemberian obat telah berpindah dari arah obat ke arah pengobatan dan pasien. pemenuhan adalah bagian penting dari pelayanan kesehatan karena pemenuhan pasien tidak dapat dipisahkan dari sifat pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Faktor independen adalah reliability, tangible,responsiveness,assurance,empaty dan faktor dependen kepuasan pasien.Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Semua pasien/keluarga pasien rawat jalan yang
minum obat di unit farmasi rawat jalan dalam waktu satu minggu jam kerja diikutsertakan dalam penelitian ini. Sampel diambil dengan menggunakan teknik yang disebut purposive sampling. Analisis data multivariat dan univariat dilakukan. Keandalan, bukti fisik, respon cepat, jaminan, dan empati dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian terbukti memiliki hubungan yang signifikan. Setiap skor diperoleh [(reliability ; p-value = 0,037: OR =2,130),(tangibles = p-value = 0,017 : OR = 2,251), (responsiveness ; p-value =0,036: OR = 2,080), (assurance ; p-value = <0,001 : OR = 3,931) dan (empathy ; p-value = 0,027 : OR = 2,141).Diketahui variabel yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasiadalah assurance dengan nilai p.value <0.001: Exp B (OR) : 5.262 Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut: ketergantungan, bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati, yang
paling menonjol adalah dimensi jaminan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Rawat Jalan, Pelayanan Farmasi
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 13 Jun 2023 14:17
Last Modified: 13 Jun 2023 14:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item
View Item