Penerapan model pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas XII IPS 6 SMAN 1 Kupang

Pilipina Salomi Haba Radja (2021) Penerapan model pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas XII IPS 6 SMAN 1 Kupang. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 9. pp. 59-66. ISSN 2962-4541

[thumbnail of Jurnal_Pilipina Salomi Haba Radja_SMAN 1 Kupang_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Pilipina Salomi Haba Radja_SMAN 1 Kupang_2021.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Model pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme yang berpusat pada pebelajar (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui prestasi siswa pada pelajaran matematika setelah dilaksanakan pembelajaran learning cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS 6 SMA Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 29 orang. Data peningkaan prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk pilihan ganda dan data tentang dari pengamatan secara langsung melalui lembar observasi. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi atau penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur, dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas XII IPS 6 SMA Negeri 1 Kupang, yaitu dari rata-rata 76,7 (baik) pada siklus I menjadi 81 (sangat baik) pada siklus II. Siswa memberikan respons yang sangat positif yaitu peningkatan prestasi belajar matematika terhadap implementasi model pembelajaran Learning Cycle “5E” berbantuan LKS terstruktur dengan nilai rata-rata sebesar 78,85.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning cycle “5E”, LKS terstruktur, Prestasi belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:55
Last Modified: 13 Jun 2023 06:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item
View Item