Melianus, Peni (2021) Model pembelajaran learning together terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 7. pp. 44-48. ISSN 2962-4541
Jurnal_Melianus Peni_SMAN 4 Kupang_2021.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan “Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar PAK Peserta didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Together?”. Adapun subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus dengan hasil akhir yang diperoleh adalah terlihat ada perubahan tingkat pencapaian hasil belajar PAK peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang dengan menggunakan model pembelajaran Leaming Together, dimana sebanayak 19 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan belajar (KKM) dan dikatakan baik, dengan demikian dapat dianggap bahwa belajar dengan menggunakan Cooperatif tipe Leaming Together berhasil dan meningkatkan hasil belajar PAK di kelas. Hasil belajar dan tingkat penguasaan yang diperoleh peserta didik berada dalam kateggori baik, hal ini dikarenakan peserta didik dimotivasi, diajarkan bagaimana sikap dalam belajar bersama, memutuskan bersama sebagai sebuah kesepakatan kelompok yang adalah merupakan tipe belajar dari Leaming Together. Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan bentuk permainan kartu indeks memberikan kesan belajar bersama untuk mencapai tujuan bersama. Proses pembelajaran PAK juga menggunakan berbagai bentuk media gambar untuk menunjang peserta didik mengerjakan tugas di kelompok.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning together, Hasil belajar, PAK |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 08:24 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 08:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17966 |