Pembelajaran team teaching untuk peningkatan kompetensi siswa pada pelajaran dasar Listrik dan Elektronika dalam menghadapi dunia kerja Kelas X TITL1 tahun pelajaran 2019/2020

Arkalaus A. Malese (2021) Pembelajaran team teaching untuk peningkatan kompetensi siswa pada pelajaran dasar Listrik dan Elektronika dalam menghadapi dunia kerja Kelas X TITL1 tahun pelajaran 2019/2020. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 2. pp. 6-12. ISSN 2962-4541

[thumbnail of Jurnal_Arkalaus A. Malese_SMKN 5 Kupang_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Arkalaus A. Malese_SMKN 5 Kupang_2021.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Melalui Pembelajaran Team Teaching Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Menghadapi Dunia Kerja Kelas X TITL1 Tahun Pelajaran 2019/2020 SMK Negeri 5 KUPANG. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi dunia kerja pada pelajaran Dasar Listrik Elektronika khususnya, pada siswa SMK Negeri 5 Kupang pada umumnya. Yang nantinya akan berdampak terhadap kesiapan siswa yang lebih baik dalam menghadapi dunia kerja. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII SMKN 5 Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada aspek psikomotor terlihat baik pada kelas X Pada siklus 2 jumlah siswa yang memiliki nilai < 70 atau dibawah KKM adalah 0%. Hal ini menunjukkan dengan penerapan metode yang berbeda dengan prasiklus dapat memperbaiki nilai aspek psikomotor siswa. Metode pembelajaran Team Teaching pada pembelajaran Dasar Kelistrikan dapat memacu aktifitas unjuk kerja siswa. Siswa yang sebelumnya merasa bosan dengan metode klasikal dengan seorang guru pengajar pada prasiklus, menjadi terstimulasi belajarnya pada siklus 1 dan 2. Peningkatan aspek unjuk kerja nyata terlihat pada rentang nilai > 80. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran team teaching dapat menurunkan jumlah siswa pada kelompok nilai < 70 dan 71 – 79, Simpulan dari penelitian ini adalah Aktifitas siswa dalam belajar dengan metode pembelajaran team teaching pada siswa kelas X TITL1 SMKN 5 Kupang akan mengalami peningkatan pada aspek unjuk kerja (psikomotor).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Team teaching, Dasar listrik
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:45
Last Modified: 13 Jun 2023 06:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item
View Item