Moderasi beragama perspektif siswa aktif pada kegiatan ekstrakurikuler madrasah unggulan riset nasional

Musiarifsyah, Putra (2022) Moderasi beragama perspektif siswa aktif pada kegiatan ekstrakurikuler madrasah unggulan riset nasional. Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama Vol. 1 No. 1 Maret 2022, 1 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2830-3148

[thumbnail of Jurnal_Musiarifsyah Putra_UIN Ar-Raniry Banda Aceh_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Musiarifsyah Putra_UIN Ar-Raniry Banda Aceh_2022.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini ada potensi milenial yang terjebak dalam ideologi beragama yang berpotensi merusak kedamaian dan kerukunan berbangsa dan bernegara. Hal ini terjadi karena terdapat keberagaman pada pelaksana ekstrakurikuler sebagai subyek penelitian. Untuk membendung hal tersebut dibutuhkan sikap moderasi beragama sebagai jalan tengah dalam menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler di madrasah. Moderasi beragama adalah cara hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga
dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada. Fokus kajian penelitian kualitatif ini adalah untuk dapat mendeskripsikan fenomena sikap moderasi beragama pada Siswa MAN 4 Aceh Besar sebagai Madrasah Unggulan Riset pada Kegiatan Ekstrakurukuler. Teknik pengumpulan data atau mengumpulkan informasi melibatkan partisipasi langsung, berupa dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kegiatan ekstrakurikuler pada MAN 4 Aceh Besar dilaksanakan melalui organisasi ekstrakurikuler, dimana setiap organisasi memiliki kegiatan pokok masing-masing seperti kegiatan pengkaderan. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga dilaksanakan oleh OSIM, seperti Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD), Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kemudian Sikap Moderasi Beragama Siswa MAN 4 Aceh Besar sebagai Madrasah Unggulan Riset pada kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan hasil angket, observasi, wawancara terkait Prinsip-prinsip Moderasi Beragama, terdiri dari berkeadaban (ta’addub), keteladanan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), mengambil jalan tengah (tawassut), berimbang (tawazun), adil dan konsisten (‘itidal), kesetaraan (musawah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh), dan
dinamis dan inovatif (tathawwur wa ibtikar) digolongkan dalam kategoriSangat Baik. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk landasan pelaksanaan moderasi beragama pada madrasah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap, Moderasi beragama, Madrasah, Ekstrakurikuler.
Subjects: Social and Political Sciences
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:24
Last Modified: 08 Jun 2023 06:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item
View Item