Strategi pemasaran produk UMKM Rattan Sintetis melalui digital marketing di Desa Karangmulya Kabupaten Cirebon

Dian Fitriyana and Annisaa Eka Warliati and Tia Listiaty (2022) Strategi pemasaran produk UMKM Rattan Sintetis melalui digital marketing di Desa Karangmulya Kabupaten Cirebon. Manajemen dan Pariwisata, 1 (2): 8. pp. 248-259. ISSN 2829-5692

[thumbnail of Jurnal_Dian Fitriyana_Politeknik Pariwisata Prima Internasional_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dian Fitriyana_Politeknik Pariwisata Prima Internasional_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis srategi pemasaran yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha UMKM di Cirebon. Strategi pemasaran yang akan dikembangkan adalah strategi pemasaran rattan sintetis yang masih belum berkembang dalam pemasaran. Kondisi ini bermula dari pemasaran yang masih menggunakan media offline sebagai target pasar. Peneliti akan mengembangkan strategi pemasaran dengan metode online, baik secara media sosial seperti instagram, youtube maupun e-commerce. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara dan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi serta data yang telah penulis kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pemasaran produk karena dapat meningkatkan volume penjualan dan juga meningkatkan keuntungan bagi pengusaha UMKM. Keberhasilan usaha dapat diraih dengan upaya dari berbagai pihak, baik dari upaya eksternal maupun internal. Salah satu upaya eksternal yang dilakukan antara pemerintah untuk mengembangkan sektor UMKM bekerjasama dengan akademisi dan pelaku usaha UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran produk, Digital marketing, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:17
Last Modified: 06 Jun 2023 11:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item
View Item