Pemeliharaan janin dan asi perspektif Thanthawi Jauhari (studi makna Robba dan al-‘Alamīn dalam Qs. Al-Fatihah: 2 pada kitab Al-Jawahir fi Tafsir al-Qur’an Al-Karim)

Minhatul Maula and Rizki Afrianto Wisnu Wardana (2021) Pemeliharaan janin dan asi perspektif Thanthawi Jauhari (studi makna Robba dan al-‘Alamīn dalam Qs. Al-Fatihah: 2 pada kitab Al-Jawahir fi Tafsir al-Qur’an Al-Karim). Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1 (2): 5. pp. 7-9. ISSN 2829-4092

[thumbnail of Jurnal_Minhatul Maula_UIN Sunan Kalijaga_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Minhatul Maula_UIN Sunan Kalijaga_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (297kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengulas tentang seorang tokoh tafsir modern, Imam Thanthawi Jauhari dalam menafsirkan lafad robba dan al-‘alamin. Dalam tafsir tersebut, Imam Thanthawi menafsirkan lafad robba dengan tafsiran memelihara. Penulis mengaitkan makna pemeliharaan Allah terhadap janin dan ASI seorang ibu dengan ilmu kedoteran modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah metode deskriptif-analisis dengan sumber primer kitab “AlJauhar fi Tafsir”. Selain itu, penulis juga menjelaskan munasabah ayat terkait dengan pemeliharaan Allah terhadap alam dengan salah satu ayat yang memiliki redaksi sama dengan surat al- fatihah ayat 2. Menurut Imam Thanthawi, seorang muslim sudah seharusnya berfikir tentang bagaimana pemeliharaan Allah terhadap ciptaannya terutama alam, jangan hanya mau mengkonsumsi hasil alam saja tetapi tidak mau berfikir bagaimana Allah menumbuhkan tanaman, memelihara janin, memelihara hewan serta memelihara alam seisinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Imam Thanthawi Jauhari, al-Jawahir fi Tafsir al-Qur’an, Pemeliharaan janin
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Jun 2023 23:44
Last Modified: 05 Jun 2023 02:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17544

Actions (login required)

View Item
View Item