Adaptasi perusahaan telekomunikasi Indonesia dalam menghadapi era disrupsi

Keisha, Dinya Solihati and Adriwati, Adriwati (2021) Adaptasi perusahaan telekomunikasi Indonesia dalam menghadapi era disrupsi. Journal of Business Administration Economics and Entrepreneurship (JBEST), 3 (1): 4. pp. 30-37. ISSN 2721-1479

[thumbnail of Jurnal_Keisha Dinya Solihati_Politeknik STIA LAN Jakarta_2021-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Keisha Dinya Solihati_Politeknik STIA LAN Jakarta_2021-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (517kB) | Preview

Abstract

PT. Telkom Indonesia (Telkom) sebagai pemain lama di sector telekomunikasi perlu mengantisipasi fenomena disrupsi, dimana ancaman datang secara cepat dan bisa berasal dari pesaing langsung maupun tidak langsung. Telkom dalam sejarahnya berperan sebagai pengelola dan penyedia telekomunikasi di Indonesia, adapun pasar telekomunikasi Indonesia saat ini sudah berbeda dengan dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keputusan Telkom dalam beradaptasi dan merespon era disrupsi. Dengan metode kuantitatif yang menggunakan survey pada masyarakat dan juga menggunakan data sekunder berupa telaahan dokumen. Pemrosesan data dilakukan dengan SPSS dan analisis mengugunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Telkom untuk segmen bisnis Consumer dapat dikatakan telah beradaptasi dan menyesuaikan model bisnis denhan peluncuran IPTV IndiHome dan tidak terpaku hanya pada layanan landline saja. Adapun berdasarkan kepuasan pelanggan, Telkom masih perlu meningkatkan pelayanan untuk memastikan kepuasan dan kesetiaan para pelanggannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Disrupsi, Sektor telekomunikasi, Konsumen
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 May 2023 04:19
Last Modified: 24 May 2023 04:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17090

Actions (login required)

View Item
View Item