Morfologi, anatomi dan uji histokimia rimpang Curcuma aeruginosa Roxb; Curcuma longa L. dan Curcuma heyneana Valeton dan Zijp.

Trimanto, Trimanto and Dini, Dwiyanti and Serafinah, Indriyani (2018) Morfologi, anatomi dan uji histokimia rimpang Curcuma aeruginosa Roxb; Curcuma longa L. dan Curcuma heyneana Valeton dan Zijp. Berita Biologi: Jurnal Ilmu-Ilmu Hayati, 17 (2). pp. 123-132. ISSN 2337-8751

[thumbnail of Jurnal_Trimanto_Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan_123-132.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Trimanto_Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan_123-132.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Curcuma merupakan salah satu genus dari keluarga Zingiberaceae. Rimpang Curcuma telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui morfologi, struktur anatomi, histokimia dan kerapatan sel sekretori pada rimpang Curcuma aeruginosa Roxb, Curcuma longa L, Curcuma heyneana Valeton & Zijp. Struktur anatomi, uji histokimia dan kerapatan sel sekretori diamati secara mikroskopik. Uji histokimia memuat amilum, protein, lipid, tanin, alkaloid dan flavonoid. Pengamatan struktur anatomi menunjukan rata-rata butir amilum berukuran sedang dan bentuk amilum adalah oval. Rimpang Curcuma longa dan C. aeruginosa menunjukan nilai positif terhadap kandungan amilum, protein, lipid, alkaloid, flavonoid dan tanin. C. heyneana memiliki nilai kerapatan tertinggi pada amilum dan protein sedangkan C. longa memiliki nilai kerapatan tertinggi pada lipid, alkaloid, flavonoid dan tanin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Morfologi, Anatomi, Rimpang, Curcuma, Zingiberaceae
Subjects: Medicine & Biology > Anatomy
Medicine & Biology > Botany
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Chemistry
Chemistry > Analytical Chemistry
Divisions: OR_Hayati_dan_Lingkungan > Konservasi_Tumbuhan_Kebun_Raya_dan_Kehutanan
Depositing User: - Patmiati -
Date Deposited: 25 May 2023 04:02
Last Modified: 25 May 2023 04:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item
View Item