Analisis ruang terbuka hijau dalam perspektif pembangunan kota berkelanjutan (studi kasus kawasan pusat Kota Denpasar, Bali)

I, Made Agus Mahendra (2022) Analisis ruang terbuka hijau dalam perspektif pembangunan kota berkelanjutan (studi kasus kawasan pusat Kota Denpasar, Bali). Jurnal Ilmiah VASTUWIDYA, 5 (1): 6. pp. 41-49. ISSN 2620-3448

[thumbnail of Jurnal_I Made Agus Mahendra_Universitas Mahendradatta_2022-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_I Made Agus Mahendra_Universitas Mahendradatta_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (862kB) | Preview

Abstract

Ruang terbuka Hijau (RTH) memberikan ekspresi bagi wajah kawasan perkotaan. Posisi ruang terbuka hijau (RTH) adalah ruang terbuka publik yang direncanakan pada suatu kawasan atau lingkungan. Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan solusi alternatif dalam mengantisipasi krisis lingkungan di masa depan.Pembangunan perkotaan yang berkelanjutan harus mengedepankan rasa keadilan dan keberlanjutan ekonomi lokal dengan meningkatkan keberadaan sektor informal sebagai jejaring sosial, serta pelestarian kawasan lama untuk menyediakan memori kolektif bagi masyarakat. Pembangunan kota berkelanjutan tidak terlepas dari peran ruang-ruang Kawasan terintegrasi dengan strategi pengelolaan penggunaan lahan dan lingkungan terpadu.Penulisan ini bertujuan memberikan gambaran dan menganalisis RTH dalam perspektif pembangunan yang berkelanjutan di Kawasan kota Denpasar. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilnya Komposisi ideal RTH dari suatu kota menjadi poin yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan kota yang berkelanjutan. Perwujudan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, khususnya oleh pemerintah di kota Denpasar dapat dilihat dari implementasi ruang terbuka hijau Sebagai Sarana untuk mencerminkan identitas (citra) kota Denpasar,sebagai Sarana rekreasi aktif,edukasi dan rekreasi pasif, serta interaksi sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ruang terbuka hijau, Kawasan perkotaan, Pembangunan berkelanjutan, Denpasar
Subjects: Building Industry Technology > Architectural Design & Environmental Engineering
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 May 2023 04:33
Last Modified: 17 May 2023 04:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16696

Actions (login required)

View Item
View Item