Pemahaman dan perilaku kesehatan masyarakat perkotaan terkait perubahan iklim: kasus demam berdarah di Kota Semarang

Augustina, Situmorang and Widayatun, Widayatun and Sri Sunarti, Purwaningsih and Yuly, Astuti and Sari, Seftiani and Zainal, Fatoni (2010) Pemahaman dan perilaku kesehatan masyarakat perkotaan terkait perubahan iklim: kasus demam berdarah di Kota Semarang. Project Report. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

[thumbnail of Lap. Penelitian_Augustina_PR Kependudukan_2010.pdf]
Preview
Text
Lap. Penelitian_Augustina_PR Kependudukan_2010.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Buku "Pemahaman dan Perilaku Kesehatan Masyarakat Perkotaan terkait Perubahan Iklim: Kasus Demam Berdarah di Kota Semarang" ini disusun berdasarkan studi pada tahap awal dari serangkaian lima tahun penelitian mengenai pemahaman dan perilaku masyarakat terkait perubahan iklim, Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 tersebut ditujukan untuk mengkaji pemahaman dan perilaku kesehatan masyarakat perkotaan serta mengidentifikasi kebijakan dan program terkait permasalahan kesehatan sebagai akibat dari perubahan iklim. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan kualitatif, seperti wawancara terbuka terhadap beberapa narasumber dan stakeholders terkait, diskusi kelompok terfokus dan observasi. Selain itu, data dikumpulkan melalui studi pustaka terhadap literatur dan artikel-artikel terkait. Pemahaman masyarakat tentang perubahan iklim masih sangat terbatas. Meskipun sebagian besar sudah pernah mendengar istilah tersebut melalui media elektronik maupun cetak, namun mereka tidak memahami dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Hampir tidak ada masyarakat yang mengaitkan peningkatan kasus demam berdarah di wilayahnya pada akhir-akhir ini dengan fenomena perubahan iklim. Sebagian masyarakat sudah mengetahui cara-cara pencegahan dan pengobatan penyakit demam berdarah. Namun, pengetahuan yang baik ini tidak selalu sejalan dengan perilaku. Hal ini antara lain karena adanya sikap kurang peduli masyarakat dan terbatasnya sarana air bersih di beberapa wilayah Kota Semarang. Mengingat kasus demam berdarah di wilayah ini terus meningkat, diperlukan partisipasi aktif dari semua lini, baik sektor pemerintah, swasta maupun masyarakat. Hal ini antara Iain dapat dilakukan dengan cara menmgkatkan pemahaman mengenai dampak perubahan iklim dan perubahan pola penyakit serta meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih. Dengan pemahaman yang baik dan benar serta kebersihan lingkungan yang sesuai dengan standar kesehatan, diharapkan upaya pencegahan demam berdarah dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman dan perilaku kesehatan, Perubahan iklim, Demam berdarah, Wilayah perkotaan, Kota Semarang
Subjects: Health Resources > Community & Population Characteristics
Health Resources > Health Delivery Plans, Projects & Studies
Health Resources > Health Services
Divisions: OR_Ilmu_Pengetahuan_Sosial_dan_Humaniora > Kependudukan
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 11 May 2023 12:24
Last Modified: 11 May 2023 12:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item
View Item