Analisis pembelajaran IPS daring pada masa pandemi covid-19 di SMP negeri 2 Tarik Sidoarjo

Izzatul, Fajriyah and Vici, Biantami Putri Itaqullah (2021) Analisis pembelajaran IPS daring pada masa pandemi covid-19 di SMP negeri 2 Tarik Sidoarjo. Jurnal Artefak, 8 (2). pp. 119-126. ISSN 2355-5726

[thumbnail of Jurnal_Izzatul Fajriyah_STKIP PGRI Sidoarjo_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Izzatul Fajriyah_STKIP PGRI Sidoarjo_2021.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara online (dalam jaringan). Penelitian ini juga menjelaskan faktor-faktor dalam proses pembelajaran IPS daring di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
wawancara. Subjek yang digunakan adalah guru IPS dan beberapa siswa SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS daring dilakukan dengan beberapa aplikasi. Aplikasi yang digunakan yaitu google classroom, google meet, dan whatsapp group. Dalam hal ini
dibutuhkan kreativitas seorang guru untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Kendala yang dialami siswa yaitu tentang pemahaman materi dan keterbatasan akses internet. Upaya pemecahannya adalah dilakukan kerjasama antara guru dan orang tua siswa dalam pembelajaran IPS daring di SMP Negeri
2 Tarik Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Online learning, Social sciences learning, Covid-19 pandemic
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 08 May 2023 12:23
Last Modified: 08 May 2023 12:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item
View Item