Model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis

Neni Nadiroti Muslihah and Eko Fajar Suryaningrat (2021) Model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 15. p. 553. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Neni Nadiroti Muslihah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Neni Nadiroti Muslihah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (253kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 11 KK. (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran (CTL) dikelas V SDN 11 KK. Metode yang digunakan adalah ekpost facto dengan desain causal research. Jumlah sampel adalah 48 siswa terbagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model CTL dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrument penelitian ini menggunakan tes essay dengan indicator tes sebanyak 4 indicator. Tes yang dilakukan adalah tes awal & tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengolahan data yang digunakan pengolahan statistic uji t & uji Wilcoxon karena salah satu data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest kelas eksperimen didapat bahwa tidak terdapat kemampuan awal yang signifikan antara kelas eksperimen & kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol didapat bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 11 KK.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran CTL, Konvensional, Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 07 May 2023 07:46
Last Modified: 07 May 2023 23:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item
View Item