Bella Putri Khairani and Kartini (2021) Analisis kesalahan siswa kelas XI SMA pada materi matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 15. pp. 505-514. ISSN 2086-4280
Jurnal_Bella Putri Khairani_Universitas Riau.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (646kB) | Preview
Abstract
Kebanyakan siswa SMA mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika sehingga menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam penyelesaian soal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pada materi matriks. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes. Subjek penelitian yaitu 30 siswa XI MIA 1 SMAN 15 Pekanbaru. Hasil analisis kesalahan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika berupa kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi. Persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada kesalahan fakta sebesar 18,3%, persentase pada kesalahan konsep sebesar 26,1%, persentasi pada kesalahan prinsip sebesar 25,6%, dan persentase pada kesalahan operasi sebesar 25%. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah kesalahan konsep. Kesalahan konsep terjadi disebabkan siswa belum memahami konsep materi sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesalahan siswa, Matriks |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 00:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15654 |