Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi statistika

Endah Silviani and Dian Mardiani and Deddy Sofyan (2021) Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 13. pp. 483-492. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Endah Silviani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Endah Silviani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (491kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika, akan tetapi dalam kenyataannya siswa cenderung meniru langkah guru dalam menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi verbal, representasi gambar, dan representasi simbol, serta pemahaman dari siswa SMP pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada indikator kemampuan representasi verbal dan indikator kemampuan representasi gambar atau visual ketiga subjek yang diteliti sudah cukup menguasai. Pada indikator kemampuan representasi simbol hanya dua subjek yang sudah menguasai, sedangkan satu subjek lainya kurang memahami representasi simbol. Pada pemahaman mengenai materi statistika, rata-rata dari ketiga subjek yang diteliti sudah cukup menguasai materi statistika. Saran penulis bagi guru adalah upayakan guru berusaha memberikan metode dalam penyampaian materi yang membuat siswa bersemangat misalnya memberikan materi melalui video supaya siswa tidak merasa bosan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi, Statistika
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Apr 2023 04:28
Last Modified: 25 Apr 2023 00:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item
View Item