Hubungan keyakinan dan noticing dari calon guru sekolah dasar mengenai asesmen matematika

Kimura Patar Tamba (2021) Hubungan keyakinan dan noticing dari calon guru sekolah dasar mengenai asesmen matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 11. pp. 461-472. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Kimura Patar Tamba_Universitas Pelita Harapan_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kimura Patar Tamba_Universitas Pelita Harapan_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa keyakinan mengenai asesmen mempengaruhi praktek asesmen di dalam kelas. Sementara itu, noticing adalah komponen penting dalam pengembangan kemampuan calon guru untuk memahami praktek asesmen. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki dan mendeskripsikan hubungan antara keyakinan dengan kemampuan noticing dari calon guru sekolah dasar mengenai asesmen matematika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional terhadap 68 calon guru sekolah dasar. Data keyakinan mengenai asesmen matematika dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Sementara data noticing asesmen dikumpulkan dengan video task analysis. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat korelasi signifikan antara keyakinan mengenai asesmen dan noticing asesmen. Hasil penelitian juga menunjukkan karateristik noticing cenderung fokus pada aspek “mengajukan pertanyaan” dan tidak komprehensif. Selain itu, calon guru juga cenderung memegang keyakinan produktif namun tidak konsisten.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Calon guru sekolah dasar, Keyakinan mengenai asesmen, Noticing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Apr 2023 04:25
Last Modified: 25 Apr 2023 00:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item
View Item