The site of Sangiran as a means of history-learning: an effort to increase students' historical awareness [Situs Sangiran sebagai media pembelajaran sejarah: upaya untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa]

Warto and Tanjung Wahadi Sutirto and Rara Sugiarti (2020) The site of Sangiran as a means of history-learning: an effort to increase students' historical awareness [Situs Sangiran sebagai media pembelajaran sejarah: upaya untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa]. Naditira Widya, 14 (1): 6. pp. 83-92. ISSN 1410 - 0932

[thumbnail of 417] Text
417 - Published Version

Download (54kB)

Abstract

Mata pelajaran sejarah di sekolah menengah memiliki sejumlah tantangan yang dapat mempengaruhi efisiensi hasil belajar siswa. Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ini, yaitu gagasan bahwa pendidikan sejarah kurang penting daripada mata pelajaran lain, kurangnya penerapan metode dan media pendidikan yang menarik, serta terbatasnya fasilitas dan sumber daya pembelajaran di sekolah. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan kembali adalah penggunaan media pembelajaran sejarah di luar kelas. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan situs arkeologi Sangiran sebagai alat pembelajaran pra keaksaraan untuk siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik survei yang melibatkan subjek penelitian siswa SMA kelas 10. Enam puluh empat siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimental yang terdiri dari siswa yang telah mengunjungi situs Sangiran, dan kelas kontrol dari mereka yang belum. Hasil analisis menunjukkan (sig 2 tailed) adalah 0,00 dalam t test sampel berpasangan. Sig 0,00 lebih kecil dari sig 0,05 (sig 2 tailed <sig 5-007). Dengan demikian diketahui bahwa siswa kelas kontrol tidak berbagi pengalaman langsung dengan materi sejarah dan kegiatan belajar pasif. Hal ini mengakibatkan mereka belum mengeksplorasi lebih lanjut penggunaan situs arkeologi Sangiran sebagai alat pembelajaran. Para siswa kelas eksperimental hasil belajarnya lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar sejarah dengan mengunjungi situs kuno Sangiran dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran akan pentingnya sejarah dan mendorong perhatian siswa terhadap warisan sejarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: History, Learning instrument, Pre-literacy, High school, Archeological site, Sangiran, Museum
Subjects: Social and Political Sciences > Archaeology
Depositing User: Anif Maulidiawati
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:33
Last Modified: 15 Apr 2023 07:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item
View Item