Karakteristik zirkaloy-2 hasil peleburan sponge zirkonium menggunakan tungku induksi

Saeful, Hidayat and Guntur, D.S. and Ridwan, S and Kusmantri, Kusmantri (1995) Karakteristik zirkaloy-2 hasil peleburan sponge zirkonium menggunakan tungku induksi. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN, 21-22 Maret 1995, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Saeful Hidayat_Pusat Penelitian Teknik Nuklir_1995.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Saeful Hidayat_Pusat Penelitian Teknik Nuklir_1995.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Telah dilakukan pemaduan dengan bahan dasar zirkonium sponge untuk mendapatkan paduan zirkaloy-2. Pemaduan dilakukan dongan cara peleburan menggunakan tungku induksi dengan mengalirkan gas pelindung Argon selama peleburan berlangsung. Peleburan untuk proses pemaduan dapat dicapai pada temperatur sekitar 1900 ⁰C, sehingga peleburan hanya dapat dilakukan dengan mengunakan krusibel grafít. Kesempurnaan peleburan dengan kapasitas peleburan sebesar 100 gram dicapai dengan membuat potongan sponge Zirkonium di bawah 10 mm. Penggunaan persentase berat maksimum unsur pemadu sesuai spesifikasi pada bahan hasil pemaduan, menghasilkan persentase unsur pemadu dalam batas spesifikasi pada bahan hasil peleburan. Struktur mikro yang terbentuk pada bahan hasil peleburan adalah struktur "Basket Wave" dendrit" dan struktur "Alpha", dengan kekerasan bahan 266 HV pada struktur "Basket Wave", 453 HV pada struktur "Dendrit" dan 356 HV pada struktur "Alpha"

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 11 Apr 2023 08:00
Last Modified: 11 Apr 2023 08:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item
View Item