Potensi hujan es berdasarkan hasil pengamatan x-band radar menggunakan metode severe hail index

Noersomadi, Noersomadi and Tiin, Sinatra (2015) Potensi hujan es berdasarkan hasil pengamatan x-band radar menggunakan metode severe hail index. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer 2015, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Noersomadi dk_PSTA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Noersomadi dk_PSTA_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengamatan rutin cuaca menggunakan radar X-band Doppler telah dilakukan selama periode 14 — 18 Maret 2013 bersamaan dengan peluncuran radiosonde tiap 6 jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah selama periode pengamatan terdapat kejadian cuaca yang dapat dikategorikan sebagai cuaca ekstrem berupa hujan es. Investigasi hujan es dilakukan menggunakcin metode Severe Hail Index (SHI). SHI dihitung dengan mengintegrasikan fluks energi kinetik per satuan waktu (dE/dt) terhadap beda ketinggian antara temperatur 0°C (TO) dan —20°C (Tm20). Ketinggian TO dan Tm20 diperoleh dan peluncuran radiosonde pada waktu yang terdekat dengan hasil pengamatan radar, yang menunjukkan adanya potensi hujan es. Nilai SHI yang dihasilkan dibandingkan dengan penghitungan nilai Vertically Integral Liquid (VIL). Hasil investigasi menunjukkan bahwa pada tanggal 18 Maret 2013 pukul 16 waktu lokal terdapat awan cumulus yang mencapai ketinggian 9 km dan berpotensi terjadi hujan es dengan nilai SHI dan VIL berturut-turut melebihi nilai ambang batas 100 dan 43 kg/m2. Awan tebal yang terindikasi berpotensi hujan es tersebut juga tampak dan hasil pengamatan satelit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: hujan es, radar, severe hail index.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:57
Last Modified: 17 Mar 2023 04:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item
View Item