Analisis kebutuhan perangkat lunak sistem informasi back office (Studi kasus Hublang dan teknik Perumdam Among Tirto Kota Batu)

Vennina, Githa Ananta (2022) Analisis kebutuhan perangkat lunak sistem informasi back office (Studi kasus Hublang dan teknik Perumdam Among Tirto Kota Batu). Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2963-9026

[thumbnail of Jurnal_Vennina Githa Ananta_Universitas Ma Chung Malang_2022-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Vennina Githa Ananta_Universitas Ma Chung Malang_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Preview

Abstract

Perumdam Among Tirto Kota Batu merupakan perusahaan umum daerah air minum yang berada di Kota Batu yang menjalankan bisnisnya dalam bidang penyaluran air bersih untuk sebagian besar masyarakat Kota Batu. Dalam menjalankan bisnis tersebut, Perumdam Among Tirto Kota Batu masih menjalankannya secara manual dan belum memanfaatkan sistem informasi secara penuh. Pengembangan sistem informasi tersebut pun menjadi sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan produktivitasnya. Oleh karena itu terlebih dahulu perlu dilakukan analisis kebutuhan perangkat lunak untuk pengembangan sistem informasi yang akan digunakan oleh Perumdam Among Tirto Kota Batu dalam menjalankan bisnisnya, khususnya oleh bagian back office. Pada penelitian ini, hasil analisis kebutuhan perangkat lunak sistem informasi back office Perumdam Among Tirto Kota Batu disusun ke dalam dokumen Software Requirements Specification (SRS) menggunakan outline SRS pada standar ISO/IEC/IEEE 29148:2018. Penelitian yang dilakukan menghasilkan tujuh dokumen SRS yang dibuat untuk tujuh divisi yang ada di Bagian Hubungan Pelanggan dan Pemasaran serta Teknik, antara lain Divisi Pelayanan Pelanggan dan Meter, Divisi Pelayanan Peralatan dan Standarisasi SR, Divisi Litbang IT dan Pemasaran, Divisi Perencanaan Teknik, Divisi Non Revenue Water dan Pengawasan, Divisi Produksi, Transmisi, dan Laboratorium, serta Divisi Distribusi. Setiap SRS yang dibuat terdiri dari lima bagian yakni Introduction, References, Requirements, Verification, serta Appendices yang sesuai dengan standar ISO/IEC/IEEE 29148:2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Back office, ISO 29148:2018, Kebutuhan, Sistem informasi, Spesifikasi kebutuhan software
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:34
Last Modified: 05 Jan 2024 09:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14861

Actions (login required)

View Item
View Item