Inventarisasi sumber daya uranium sektor Tebalungkang Kalimantan Barat tahapan prospeksi sistematik

Bambang, Soetopo and Suripto, Suripto and Boman, Boman and Sajiyo, Sajiyo (1996) Inventarisasi sumber daya uranium sektor Tebalungkang Kalimantan Barat tahapan prospeksi sistematik. In: Presentasi Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, 18-19 Maret 1996, Jakarta.

[thumbnail of Prosiding_Bambang Soetopo_PTBBN_1996.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Bambang Soetopo_PTBBN_1996.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prospeksi Sistematik sektor Tebalungkang, Kalimantan Barat dilakukan untuk mengetahui karakter keberadaan mineralisasi U dan inventarisasi potensi sumber daya uranium. Penelitian ini didasarkan pada adanya indikasi uranium berupa anomali radiometri singkapan dan bongkah aktif 1000-7000 Cls. Metode penelitian meliputi pengamatan geologi secara rinci dan pendataan pemineralan uranium berupa pengukuran radiometri soil dan batuan pada kupasan secara sistematik serta didukung oleh analisis mineralogi dan geokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor tersebut terdiri dari batuan metamorf yang diterobos oleh batolit granit, diorit kuarsa dan korok-korok andesit, lampropir. Secara struktural merupakan bagian dari sayap antiklin menunjam 300 NE-SW dan NNW-SSE yang dipotong oleh sesar normal NE-SW dan E-W serta sesar mendatar NW-SE dan WNW-ESE. Pemineralan uranium terdapat dalam batuan sekis kuarsa yang terbreksikan dan quachitite (lamporpir). Mineral radioaktif berupa torit dan monasit yang berasosiasi dengan rutil, ilmenit magnetit, hematit, pirit, kalkopirit, muskovit, apatit, alanit, dengan kadar U total contoh batuan berkisar 4,5 - 54,75ppm.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Sintesis Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:53
Last Modified: 10 Mar 2023 03:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item
View Item