Efektivitas pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten

Wisnu, Nugroho Aji and Danang, Susena (2022) Efektivitas pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten. Widya Didaktika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (1): 4. pp. 21-29. ISSN 2962-4282

[thumbnail of Jurnal_Wisnu Nugroho Aji_Universitas Widya Dharma Klaten_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Wisnu Nugroho Aji_Universitas Widya Dharma Klaten_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Apakah pelaksanaan perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten terbukti efektif? 2) Apa kelebihan dan kekurangan perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten? 3) Bidang apa saja yang perlu diperbaiki agar pelaksanaan perkuliahan daring berjalan dengan lebih baik?Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Dosen dan Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten kurang efektif. 2) Kelebihan pembelajaran daring dalam perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten A adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih kepercayaan diri siswa. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah guru tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, serta tidak stabilnya jaringan internet. 3) Bidang yang diperbaiki agar pembelajaran daring berjalan lebih baik adalah penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik seperti video animasi, sslide show power point.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Efektifitas pembelajaran daring
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:33
Last Modified: 10 Mar 2023 02:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item
View Item