Penyelenggaraan workshop oleh pengawas sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun butir soal ujian akhir semester

Hamida Syaban (2022) Penyelenggaraan workshop oleh pengawas sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun butir soal ujian akhir semester. Jurnal Inspirator Guru, 4 (6). pp. 81-90. ISSN 2654-2536

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti yang di sini sekaligus berperan sebagai kepala sekolah, guru-guru di SMP Kristen Tobelo masih kebingungan dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap siswa. Jadi selama ini butir soal ulangan yang diberikan kepada siswa tidak dianalisis dulu soal itu baik, sangat baik atau bahkan jelek untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Padahal analisis soal ulangan adalah hal yang penting sekali.Oleh karenanya, peneliti di sini yang sekaligus berperan sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap melalui workshop. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kinerja guru dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (school action research). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Tobelo. Pemilihan tempat ini di mana peneliti bertugas sebagai kepala sekolah di sekolah tersebut. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Kristen Tobelo.Kepala sekolah mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas semua guru, di samping itu juga guru diminta mengisi daftar kehadiran yang diisi setiap hari untuk mengetahui jam keberangkatan dan kepulangan dalam kegiatan workshop dari semua guru di SMP Kristen Tobelo. Kemudian mendokumentasikan hasil pengamatan tersebut.Pada prasiklus peneliti baru mengamati seberapa besar kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata cuma 4,75 artinya kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap kurang baik.Dilihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari prasiklus ke siklus I, di mana hasil skor rata-rata observasi prasiklus hanya mencapai skor 4,75 sementara pada siklus I mencapai 9,15 yang artinya kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap baik.Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 11,2 artinya kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap sangat baik. Workshop dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap di SMP Kristen Tobelo dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan kepala sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap, Workshop
Subjects: Administration & Management
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:08
Last Modified: 23 Feb 2023 03:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item
View Item