Peningkatan hasil belajar pembelajaran matematika operasi hitung campuran bilangan cacah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VI SD

Suratmi, Suratmi (2022) Peningkatan hasil belajar pembelajaran matematika operasi hitung campuran bilangan cacah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Inspirator Guru 4_6 sept 2022, 4 (6). pp. 11-20. ISSN 2654-2536

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas 6 SDN 002 Batu Ampar Kota Batam pada pembelajaran Matematika operasi hitung campuran. Berdasarkan
hasil kegiatan prasiklus, dari 36 siswa, hanya 11 siswa yang tuntas pada mata pelajaran Matematika.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar
pembelajaran Matematika operasi hitung campuran bilangan cacah di kelas VI B SD Negeri 002 Batu Ampar Kota Batam?
Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model Kurt Lewin yang di dalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
dan refl eksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 002 Batu Ampar yang terdiri dari 36 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa Matematika pada prasiklus sebesar 57,5 dengan persentase 30,6%, pada siklus I menjadi 62,8, dengan persentase 47,2%, dan meningkat menjadi 62,8 dengan nilai
rata-rata 72,2 dan persentase 77,8% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Tematik, Model kooperatif make a match
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:41
Last Modified: 22 Feb 2023 07:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14630

Actions (login required)

View Item
View Item