Penyerapan C-14 oleh bentonit asal daerah Kanto

Budi Setiawan (1993) Penyerapan C-14 oleh bentonit asal daerah Kanto. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN Bandung, 16 - 18 Februari 1993, 16 - 18 Februari 1993, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Budi Setiawan_Pusat Teknologi Pengolahan limbah radioaktif_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Budi Setiawan_Pusat Teknologi Pengolahan limbah radioaktif_1993.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

C-14 (waktu paruh 5700 tahun) dihasilkan dari PLTN terutama dari reaksi aktivasi O-17 dan N-14. C-14 lepas ke atmosfir sebagai C0₂ . Transpor C-14 dari fasilitas penyimpanan akhir limbah radioaktif aktivitas rendah-sedang ke atmosfir sebagian besar sebagai lepasan gas (±60 %), lewat aliran air tanah sekitar 25% dan kurang dari 10% tetap tinggal sebagai residu. Karbon adalah salah satu unsur yang mudah terserap ke dalam rantai makanan, sehingga akan menimbulkan bahaya biologi dalam waktu lama. Bentonit adalah mineral yang potensial sebagai bahan urug di dalam sistem penghalang ganda (multibarrier system) karena sifat alaminya yang khas. Berdasarkan itu perlu dipelajari kemampuan serap C-14 oleh bentonit. Subjek utamanya adalah menentukan harga koefisien distribusi (Kd) C-14. Percobaan ini dilakukan secara catu. Bentonit yang digunakan berasal dari daerah Kanto, yang ukuran butirnya divariasi. Butiran bentonit dicampur dengan air destilasi dengan perbandingan 10 g/l, dengan Na₂¹⁴ CO₃ sebagai perunut. Waktu pencuplikan dilakukan secara berkala. Beningannya dicacah dengan Liquid Scintillation Counter. Dari percobaan ini didapat bahwa, variabel ukuran butir dan waktu kontak tidak memberikan efek apapun terhadap harga koefisien distribusi C-14, dan bentonit asal Kanto tidak mampu menyerap C-14.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Limbah Radioaktif > Teknik Pengolahan Limbah Radioaktif
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Limbah Radioaktif
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 10 Feb 2023 12:29
Last Modified: 13 Feb 2023 02:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item
View Item